Jumat, Agustus 17, 2012

Al-Quran Tafsir Ibn Abbas al-Muddatstsir 74:32-56

Al-Quran Tafsir Ibn Abbas al-Muddatstsir 74:32-56

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم. بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
---------------------------------------------------

كَلَّا وَالْقَمَرِ ۞

(74:32) "Kallaa wal qomar" (sekali-kali tidak! Demi bulan), yakni Allah Ta'ala Bersumpah dengan bulan.

وَاللَّيْلِ إِذَا أَدْبَرَ ۞

(74:33) "Wal laili idzaa adbar" (dan malam manakala telah berlalu), yakni telah pergi.

وَالصُّبْحِ إِذَا أَسْفَرَ ۞

(74:34) "Wash shubhi idzaa asfar" (dan subuh manakala mulai terang), yakni manakala datang. Menurut yang lain, manakala bercahaya.

إِنَّهَا لَإِحْدَى الْكُبَرِ ۞

(74:35) "Innahaa" (sesungguhnya ia), yakni Neraka Saqor. "La ihdal kubar" (benar2 merupakan salah satu yg amat besar), yakni salah satu pintu neraka. Pintu2 neraka itu antara lain: Jahannam, Saqor, Lazho, Huthomah, Sa'ir, Jahim, dan Hawiyah.

نَذِيرًا لِلْبَشَرِ ۞

(74:36) "Nadziiral lil basyar" (sebagai suatu ancaman untuk manusia), yakni suatu ancaman yg telah Kuperingatkan kpd mrk.

لِمَنْ شَاءَ مِنْكُمْ أَنْ يَتَقَدَّمَ أَوْ يَتَأَخَّرَ ۞

(74:37) "Li man syaa-a mingkum ay yataqoddama" ([yaitu] bagi siapa saja di antara kalian yg berkehendak untuk maju) yakni mereka yg melakukan kebaikan seraya beriman. "Au yata-akh-khor" (atau mundur) dari keburukan seraya meninggalkannya. Menurut satu pendapat, "au yata-akh-khor" (atau mundur) dari kebaikan seraya kufur. Dan ini merupakan sebuah ancaman bagi mereka.

كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ رَهِينَةٌ ۞

(74:38) "Kullu nafsin" (setiap diri) yg kafir. "Bimaa kasabat" (atas apa yg telah diperbuatnya) dalam kekafiran. "Rahiinah" (bertanggung jawab), yakni tergadai selamanya di dalam neraka.

إِلَّا أَصْحَابَ الْيَمِينِ ۞

(74:39) "Illaa ashhaabal yamiin" (kecuali golongan kanan), yakni para penghuni surga. Mereka tidaklah seperti itu, tetapi ....

فِي جَنَّاتٍ يَتَسَاءَلُونَ ۞

(74:40) "Fii jannaatin" (berada di dalam surga), yakni taman-taman. "Yatasaa-aluun" (mereka akan saling tanya).

عَنِ الْمُجْرِمِينَ ۞

(74:41) "'Anil mujrimiin" (tentang orang2 yg berdosa), yakni mrk {para penghuni surga saling bertanya} akan menanyakan perihal para penghuni neraka. Dan mrk akan berkata ....

مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ ۞

(74:42) "Maa salakakum" (Apa yg telah menyebabkan kalian masuk), yakni apa yg telah memasukkan kalian. "Fii saqor" (ke dalam Saqor).

قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ ۞

(74:43) "Qooluu" (mrk menjawab), yakni para penghuni neraka menjawab. "Lam naku minal musholliin" (Kami dahulu tidak termasuk orang2 yg sholat), yakni orang2 yg menunaikan sholat lima waktu, yaitu orang2 Muslim.

وَلَمْ نَكُ نُطْعِمُ الْمِسْكِينَ ۞

(74:44) "Wa lam naku nuth'imul miskiin" (dan tidak pula kami memberi makan org miskin), yakni tidak pula kami menganjurkan untuk bersedekah kpd org miskin. Kami tidak termasuk org yg menunaikan zakat dan sedekah.

وَكُنَّا نَخُوضُ مَعَ الْخَائِضِينَ ۞

(74:45) "Wa kunnaa nakhuudlu ma'al khoo-idliin" (dan dahulu kami selalu membicarakan [kebatilan] bersama orang2 yg membicarakannya), yakni bersama orang2 batil.

وَكُنَّا نُكَذِّبُ بِيَوْمِ الدِّينِ ۞

(74:46) "Wa kunna nukadz-dzibu bi yaumid diin" (dan dahulu kami juga mendustakan hari pembalasan), yakni hari penghisaban, dgn mengatakan bahwa hal itu tidak akan terjadi.

حَتَّىٰ أَتَانَا الْيَقِينُ ۞

(74:47) "Hattaa ataanal yaqiin" (hingga keyakinan datang kepada kami), yakni kematian.

فَمَا تَنْفَعُهُمْ شَفَاعَةُ الشَّافِعِينَ ۞

(74:48) "Fa maa tanfa'uhum" (maka tidaklah akan bermanfaat untuk mrk), yakni tak akan sampai kpd mrk. "Syafaa'atusy syaafi'iin" (syafaat dari para pemberi syafaat), yakni syafaat para malaikat, nabi, dan kaum shalihin.

فَمَا لَهُمْ عَنِ التَّذْكِرَةِ مُعْرِضِينَ ۞

(74:49) "Fa maa lahum" (maka mengapa mereka), yakni penduduk Mekah. " 'Anit tadzkiroti" (dari peringatan itu), yakni dari al-Quran. "Mu'ridliin" (berpaling), yakni mendustakannya.

كَأَنَّهُمْ حُمُرٌ مُسْتَنْفِرَةٌ ۞

(74:50) "Ka-annahum humurum mustanfiroh" (seakan-akan mereka adalah keledai2 liar yg lari karena terkejut), yakni keledai2 yg ketakutan.

فَرَّتْ مِنْ قَسْوَرَةٍ ۞

(74:51) "Farrot ming qoswaroh" (lari dari singa). Menurut satu pendapat, dari para pemanah. Dan ada pula yg berpendapat, dari sekelompok orang.

بَلْ يُرِيدُ كُلُّ امْرِئٍ مِنْهُمْ أَنْ يُؤْتَىٰ صُحُفًا مُنَشَّرَةً ۞

(74:52) "Bal yuriidu kullumri-im minhum ay yu'taa shuhufam munasy-syaroh" (bahkan setiap orang dari mereka ingin supaya diberikan kepadanya lembaran-lembaran yg terbuka), yakni kitab yg berisi dosa dan tobatnya. Mereka berkata, Berikanlah kepada kami kitab yg berisi dosa dan tobat kami, nanti kami akan beriman kepadamu.

كَلَّا ۖ بَلْ لَا يَخَافُونَ الْآخِرَةَ ۞

(74:53) "Kallaa" (sekali-kali tidak), yakni sungguh, hal itu tidak akan diberikan {permintaan sebagaimana pada ayat 52}. "Bal laa yakhoofuunal aakhiroh" (sebenarnya mereka itu tidak takut kpd akhirat), yakni kpd azab akhirat.

كَلَّا إِنَّهُ تَذْكِرَةٌ ۞

(74:54) "Kallaa" (sekali-kali tidak), yakni sungguh, hai Muhammad! "Innahaa" (sesungguhnya ia itu), yakni al-Quran. "Tadzkiroh" (merupakan sebuah peringatan), yakni merupakan sebuah pelajaran dari Alloh-Ta'ala.

فَمَنْ شَاءَ ذَكَرَهُ ۞

(74:55) "Fa man syaa-a dzakaroh" (maka barangsiapa yg menghendaki, niscaya ia mengambil pelajaran darinya), yakni barangsiapa yg Dikehendaki Alloh-Ta'ala mau mengambil pelajaran dari al-Quran, niscaya ia akan mengambilnya.

وَمَا يَذْكُرُونَ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ ۚ هُوَ أَهْلُ التَّقْوَىٰ وَأَهْلُ الْمَغْفِرَةِ ۞

(74:56) "Wa maa yadzkuruuna" (dan tiadalah mereka akan mengambil pelajaran), yakni tiadalah mrk akan mengambil nasihat. "Illaa ay yasyaa-allooh, huwa ahlut taqwaa" (kecuali Alloh Menghendakinya. Dia-lah {Alloh} yg sepatutnyalah {kita} bertakwa kpd-Nya), yakni yg semestinya ditakuti, dan tidak didurhakai. "Wa ahlul maghfiroh" (dan yg berhak memberi ampunan), yakni ampunan kpd siapa pun yg bertakwa dan bertobat, ketika kiamat telah terjadi.

[Tafsir: Ibn Abbas, AlKalam Soft-Penerbit Diponegoro Bandung, Text Arabic: Mosquelife.com]
----------------------------------------------------------
Sent by Tjandra Kurniawan
YM: tjandrakurniawan@yahoo.com
----------------------------------------------------------

Tidak ada komentar: