Kamis, Desember 20, 2012

Al-Quran Tafsir Ibnu Abbas Surat Al-'Ashr 103:1-3

Al-Quran Tafsir Ibnu Abbas Surat Al-'Ashr 103:1-3

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

وَالْعَصْرِ ۞ 

(103:1) "Wal 'ashr" (demi masa), yakni Allah Ta'ala Bersumpah dgn cengkraman masa, yaitu kesulitan2. Menurut yg lain, Allah Ta'ala Bersumpah dgn shalat Asar.

إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ ۞
(103:2) "Innal insaana" (sesungguhnya manusia) yg kafir. "La fii khusr" (benar2 berada dalam kerugian), yakni benar2 berada dalam ketertipuan dan hukuman dgn hilangnya keluarga dan tempat tinggal mereka di dalam surga. Ada yg berpendapat, benar2 dalam kekurangan amal sesudah mereka pikun dan mati.

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ۞ 
(103:3) "Illal ladziina aamanuu" (kecuali orang2 yg beriman) kpd Nabi Muhammad saw. dan al-Quran. "Wa 'amilush shoolihaati" (dan mengerjakan amal saleh), yakni mengerjakan ketaatan2 antara diri mrk dgn Rabb-nya. "Wa tawaashou bil haqqi" (dan saling menasihati supaya menaati kebenaran), yakni saling menganjurkan agar bertauhid. Ada yg mengemukakan, saling menganjurkan kpd al-Quran. "Wa tawaashou bish shobr" (dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran), yakni saling menganjurkan utk menunaikan Ketentuan2 Allah Ta'ala serta menjauhi kemaksiatan2 kpd-Nya, dan jg bersabar dalam menghadapi berbagai kesulitan dan musibah. Orang2 yg dikecualikan ini tidak akan mengalami kerugian.

[Tafsir: Ibn Abbas, AlKalam Soft Penerbit Diponegoro Bandung. Text Arabic: Mosquelife.com]
----------------------------------------------------------
Sent by Tjandra Kurniawan
YM: tjandrakurniawan@yahoo.com
----------------------------------------------------------

Tidak ada komentar: