Sabtu, Juli 28, 2012

Tafsir Al-Qur'an Al-Muzammil:1-10 (of 20)

Tafsir Al-Qur'an Al-Muzammil:1-10 (of 20)
(Suroh ke-73, Nuzul ke-3)

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم ۞ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحمَنِ الرَّحِيمِ ۞

يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ ۞

(73:1/20) "Yaa ayyuhal muzzammil" (wahai orang yg berselimut). Yg dimaksud adalah Nabi Muhammad saw. yg berselimut menggunakan pakaiannya, agar beliau menggunakan pakaian itu untuk sholat.

قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا ۞

(73:2/20) "Qumil laila" (bangunlah pada malam hari) untuk menunaikan sholat. Lalu Dia berfirman .... "Illaa qoliilaa" (kecuali sedikit). Kemudian Dia Menjelaskannya.

نِصْفَهُ أَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا ۞

(73:3/20) "Nishfahuu" (yaitu seperduanya), yakni bangunlah seperdua malam untuk melaksanakan sholat. "Awingqush minhu" (atau kurangilah darinya), yakni dari seperdua malam itu. "Qoliilaa" (sedikit), sampai sepertiganya.

أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلًا ۞

(73:4/20) "Au zid 'alaihi" (atau lebihkan darinya), yakni dari seperdua menjadi dua pertiga. Alloh Ta'ala Memberikan kebebasan memilih kpd beliau dalam melaksanakan sholat malam. "Wa rattilil qur-aana tartiilaa" (dan bacalah al-Quran itu dgn perlahan2), yakni bacalah al-Quran dgn perlahan, lancar, hati2, dan tenang. Kamu baca al-Quran satu, dua, atau tiga ayat, demikian seterusnya hingga kamu berhenti.

إِنَّا سَنُلْقِي عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيلًا ۞

(73:5/20) "Innaa sa nulqii 'alaika" (sesungguhnya Kami akan Menurunkan kepadamu), yakni akan Menurunkan kepadamu melalui Jibril a.s.. "Qoulan tsaqiilaa" (perkataan yg berat), yakni firman yg hebat berisi perintah dan larangan, janji dan ancaman, serta halal dan haram. Menurut satu pendapat, firman yg agung. Menurut pendapat yg lain, berat bagi siapa pun yg menentangnya. Dan ada pula yg berpendapat, berat dgn adanya pejelasan tentang sholat malam.

إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلًا ۞

(73:6/20) "Inna naasyi-atal laili" (sesungguhnya bangun malam), yakni bangun malam untuk sholat. "Hiya asyaddu wath-an" (adalah lebih tepat), yakni akan lebih giat bagi seseorang yg bermaksud menunaikan sholat. Menurut pendapat yg lain, lebih bermanfaat bagi qalbu. "Wa aqwamu qiilaa" (dan lebih berkesan bacaannya), yakni lebih jelas dan lebih teguh dalam membaca al-Quran.

إِنَّ لَكَ فِي النَّهَارِ سَبْحًا طَوِيلًا ۞

(73:7/20) "Inna laka" (sesungguhnya kamu mempunyai), hai Muhammad! "Fin nahaari sabhan thowiilaa" (pada siang hari keluangan yg panjang), yakni waktu luang yg panjang untuk memenuhi kebutuhan2mu.

وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ وَتَبَتَّلْ إِلَيْهِ تَبْتِيلًا

(73:8/20) "Wadzkurisma robbika" (dan ingatlah akan Nama Robb-mu), yakni shaolatlah sesuai dengan Perintah Robb-mu. Ada yg berpendapat, ingatlah Keesaan Robb-mu. "Wa tabattal ilaihi tabtiilaa" (dan beribadahlah kepada-Nya dgn sebenar-benarnya), yakni hendaklah betul2 bersikap ikhlas karena Alloh Ta'ala dalam sholat, doa, dan ibadahmu.

رَبُّ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ فَاتَّخِذْهُ وَكِيلًا

(73:9/20) "Robbul masyriqi wal maghribi" (Robb timur dan barat) adalah Alloh Ta'ala. "Laa ilaaha illaa huwa fattakhidz-huu wakiilaa" (tidak ada tuhan melainkan Dia, karena itu hendaklah kalian mengambil Dia sbg Pelindung), yakni karena itu, ibadahilah Dia sbg Robb. Ada yg mengatakan, karena itu jadikanlah Dia sbg penjamin bagi pertolongan, kekuasaan, dan pahala yg telah Dia Janjikan kepadamu.

وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَاهْجُرْهُمْ هَجْرًا جَمِيلًا

(73:10/20) "Washbir" (dan bersabarlah kamu) hai Muhammad! "'Alaa maa yaquuluuna" (atas apa pun yg mereka katakan), yakni atas kecaman dan kebohongan yg mereka katakan. "Wahjurhum hajron jamiilaa" (dan jauhilah mereka dgn cara yg baik), yakni menghindarlah dari mereka dgn cara yg baik, tanpa harus berkeluh kesah dan mengeluarkan kata2 kotor.
---------------------------------------------------
[Tafsir: Ibn Abbas, AlKalam Soft. Arabic: Mosquelife.com]
----------------------------------------------------------
Sent by Tjandra Kurniawan
YM: tjandrakurniawan@yahoo.com
----------------------------------------------------------

Tidak ada komentar: