Selasa, Juli 31, 2012

Tujuh Nasehat Syeikh Ahmed Abdul Jawad

Tujuh Nasehat Syeikh Ahmed Abdul Jawad

Cinta tidak cukup hanya di kata, tapi harus dibuktikan dengan kenyataan. Doa pun tidak cukup dengan diucap, tapi juga harus diimani secara yakin dengan hati dan perbuatan. Ketika kita manusia membutuhkan, acapkali dilengahkan oleh rasa pongah dan berbangga diri bahwa ia bisa, tapi jangan sekali-kali melupakan bahwa ada Yang Berkuasa dan Perkasa. Berikut 7 nasehat bagi kita, bekal menapaki hidup agamis dan bermoral.

[1]. Tidakkah kamu suka menjadi hamba yang dicinta Allah? Maka itu. cintai Nabimu beserta kerabatnya, dan jangan lupa berbakti kepada orang tua.

[2]. Tidakkah kamu suka menjadi hamba yang berkata: Oh Tuhan!, Ya Allah, O My God! lalu Allah pun menjawab panggilanmu, seraya berfirman: "Aku Menyambutmu, hamba-KU. mintalah apa saja, niscaya Aku kabulkan. Maka itu, periksa dan pilih makanan yang halal, doamu pun akan terkabul, bergaul dengan manusia menurut kata hati, nilailah sesuai nuranimu yang tulus, bertindaklah sesuai etika dan pekerti mulia.

[3]. Tidakkah kamu suka doamu terkabul dan catatan amal perbuatanmu memancar cahaya di Hari Kiamat? Maka itu, sucikan hatimu, perbanyak membaca: "Laailaha illa Allah li dzanbi wa lil mukminin wal mukminat [لاإله إلا الله و أستغفر الله لذنبى و للمومنين والمؤمنات]— Tiada Tuhan selain Allah, dan aku meminta ampun kepada-Nya untuk dosaku, dan dosa kaum mukminin, laki-laki dan perempuan. Jangan lupa selalu dzikir kepada Allah.

[4]. Tidakkah kamu senang menjadi orang yang sembahyang (pemuja Tuhan) dan orang yang berdekat diri kepada-Nya?. Apabila seorang hamba berucap: "Alhamdulillah", Allah pun menyambut: "Hamba-Ku telah bersyukur dan memuja-Ku. Maka itu, perbanyaklah berucap: "Alhamdulillah wa salamun 'ala ibadihi lladzina isthofa [ألحمد لله و سلام على عباده الذين اصطفى] — Segala puji bagi Allah, dan selamat atas orang-orang yang dipilih dan dicintai.

[5]. Tidakkah kamu suka menjadi hamba yang bersyukur dan di karuniai anak cucu yang baik dan shaleh. Maka itu, bacalah ayat syukur: "Rabbi awzi'ni an asykura nikmataka" Surat An-Naml :19 sampai akhir ayat dan bacalah ayat 15 surat Al-Ahqaf hingga akhir.

[6]. Maukah kamu aku tunjukkan trik yang dapat memenuhi semua kebutuhan dunia dan akheratmu?. Maka itu, kerjakan perintah Allah, sesuai daya upayamu, " Wahai orang-orangyang beriman, ruku' dan bersujudlah, sembah Tuhan kalian dan perbuat amal baik, semoga kalian menjadi orang-orang yang beruntung". (Qs Al-Hajj : 77).

[7]. Sukakah jika aku tunjukkah inti (hati) segala sesuatu?. Maka itu, katakan pada dirimu: "Aku beriman kepada Allah, lalu beristiqomahlah", artinya tunjukkah bahwa kamu benar-benar beriman kepada-Nya.

Catatan :
Disarikan dari akhir buku "Ad Doa al-Mustajab min al-Hadits wa al-Sunah" karya Syeikh Ahmad Abdul Jawab dan diprakatai oleh Syeikh Abdul Halim Mahmud.
Sumber : http://almasry.or.id

Dari: http://lelakibogor.blogspot.com/2009/11/7-tujuh-nasehat-syeikh-ahmed-abdul.html

---------------------------------------------------

----------------------------------------------------------
Sent by Tjandra Kurniawan
YM: tjandrakurniawan@yahoo.com
----------------------------------------------------------

Tidak ada komentar: