Sabtu, Februari 02, 2013

Al-Quran Tafsir S. Al Kautsar 108:1-3 (of 3)

{Ta'awudz}
۞ بِسْـــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْــمِ ۞
إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ ۞
(108:1) "Innaa a'thoinaakal kautsar" (sesungguhnya Kami telah Mengaruniai kamu nikmat yg banyak), yakni hai Muhammad, Kami telah Mengaruniaimu kebaikan yg banyak, salah satunya adalah al-Quran. Menurut satu pendapat, al-Kautsar adalah nama sebuah sungai di surga, yg Dianugerahkan Allah Ta'ala kpd Nabi Muhammad saw..

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ ۞
(108:2) "Fa sholli li robbika" (maka dari itu, shalatlah karena Robb-mu) sbg ungkapan syukur atas semua itu. "Wanhar" (dan berkurbanlah), yakni hadapkanlah kurbanmu ke arah kiblat. Menurut satu pendapat, letakanlah tangan kananmu di atas tangan kiri ketika shalat. Menurut pendapat yg lain, sempurnakanlah rukuk dan sujud hingga dadamu kelihatan. Dan ada pula yg berpendapat, "fa sholli li robbika" (maka dari itu, shalatlah karena Robb-mu), yakni shalat pada hari Nahar; "wanhar" (dan berkurbanlah) seekor kambing.

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ ۞
(108:3) "Inna syaani-aka" (sesungguhnya orang yg membenci kamu), yakni orang yg tidak senang kpd mu. "Huwal abtar" (itulah yg terputus), yakni terputus dari keluarga, anak, harta, dan segala kebaikannya. Sesudah matinya pun tak ada orang yg akan mengingat kebaikannya. Orang tsb adalah al-'Ash bin Wa-il as-Sahmi. Sebaliknya, kebaikanmu akan senantiasa disebut setiap kali Aku disebut. Hal ini berkaitan dgn ucapan mereka yg mengatakan bahwa Muhammad saw. telah terputus sejak putranya, 'Abdullah, meninggal dunia.

---------------------------------------------------
Tafsir: Ibn Abbas, Penerbit Diponegoro, Bandung.
Text Arabic: www.Mosquelife.com.
# Alhamdulillah

Tidak ada komentar: