Senin, Februari 11, 2013

Tafsir Al-Quran Surat Asy-Syamsu (91):1-15 (of 15)

​​​​​ ۞ بِسْـــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْــمِ ۞
۞ وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا ۞

(91:1) "Wasy syamsi wa dluhaahaa" (demi matahari dan cahayanya pada waktu dhuha), yakni Allah Ta'ala Bersumpah dengan matahari dan cahayanya.

۞ وَالْقَمَرِ إِذَا تَلَاهَا ۞

(91:2) "Wal qamari idzaa talaahaa" (dan [demi] bulan apabila mengiringinya), yakni apabila mengikutinya. Ia mengikuti matahari pada malam pertama saat hilal terihat.

۞ وَالنَّهَارِ إِذَا جَلَّاهَا ۞

(91:3) "Wan nahaari idzaa jallaahaa" (dan [demi] siang apabila menampakkannya), yakni apabila menampakkan kegelapan malam.

۞ وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَاهَا ۞

(91:4) "Wal laili idzaa yagh-syaahaa" (dan [demi] malam bila menyelimutinya), yakni menutupi cahaya siang.

۞ وَالسَّمَاءِ وَمَا بَنَاهَا ۞

(91:5) "Was samaa-i wa maa banaahaa" (dan [demi] langit serta Dzat yg telah Mendirikannya), yakni (Dzat) yg telah Menciptakannya, yaitu Allah Ta'ala. Allah Ta'ala Bersumpah dgn Diri-Nya sendiri.

۞ وَالْأَرْضِ وَمَا طَحَاهَا ۞

(91:6) "Wal ar-dli wa maa thohaahaa" (dan [demi] bumi serta Dzat yg telah Menghamparkannya), yakni Dzat yg telah Membentangkannya di atas air.

۞ وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا ۞

(91:7) "Wa nafsiw wa maa sawwaahaa" (dan [demi] jiwa serta Dzat yg telah Menyempurnakannya), yakni Dzat yg telah Menyempurnakan Makhluk-Nya dgn dua tangan, dua kaki, dua mata, dua telinga, dan seluruh anggota badan.

۞ فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا ۞
​​​​​

(91:8) "Fa alhamahaa fujuurohaa wa taqwaahaa" (kemudian Dia Mengilhamkan kepada jiwa itu [jalan] kejahatan dan ketakwaan), yakni kemudian Dia Memperkenalkan dan menerangkan kepadanya apa yg mesti dikerjakan dan apa yg harus dijauhi. Allah Ta'ala Bersumpah dgn Diri-Nya sendiri dan dgn semua hal tsb.

​​​​​
​​​​​ ۞ قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا ۞

(91:9) "Qod aflaha" (sungguh berbahagialah), yakni sungguh beruntunglah jiwa. "Man zakkaahaa" (orang yg telah menyucikannya), yakni org yg telah Diberi kesalehan, makrifah, dan taufik oleh Allah Ta'ala.

۞ وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا ۞

(91:10) "Wa qod khooba" (dan sungguh merugilah), yakni merugilah jiwa.. "Man dassaahaa" (orang yg telah mengotorinya), yakni org yg telah Disesatkan dan Ditelantarkan Allah Ta'ala.

۞ كَذَّبَتْ ثَمُودُ بِطَغْوَاهَا ۞

(91:11) "Kadz-dzabat tsamuudu" (kaum Tsamud telah mendustakan), yakni kaum Nabi Shalih telah mendustakan. "Bi thogh-waahaa" (karena melampaui batas), yakni kesesatan mrk telah membawa mrk pada hal itu.

۞ إِذِ انْبَعَثَ أَشْقَاهَا ۞

(91:12) "Idzimba'atsa asy-qoohaa" (ketika bangkit orang yg paling celaka di antara mereka), yakni ketika org yg paling celaka berdiri (Qadr bin Salif dan Mashda' bin Dahw), kemudian menyembelih unta betina itu.

۞ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ نَاقَةَ اللَّهِ وَسُقْيَاهَا ۞

(91:13) "Fa qoola lahum rosuululloohi" (lalu berkatalah Rasul Allah kepada mereka), yakni berkatalah Nabi Sholih a.s. sebelum mrk menyembelih unta betina itu. "Naaqotalloohi" (Unta betina Allah), yakni biarkanlah Unta betina Allah itu. "Wa suqyaahaa" (dan minumannya).

۞ فَكَذَّبُوهُ فَعَقَرُوهَا فَدَمْدَمَ عَلَيْهِمْ رَبُّهُمْ بِذَنْبِهِمْ فَسَوَّاهَا ۞

(91:14) "Fa kadz-dzabuuhu" (namun, mereka mendustakan dia [Nabi Sholih]), yakni mendustakan Nabi Sholih a.s. dan risalah yg dia emban. "Fa 'aqoruuhaa" (kemudian menyembelihnya), yakni menyembelih unta betina tersebut. "Fa damdama 'alaihim robbuhum bi dzambihim" (karena itu, mereka Dibinasakan oleh Robb mereka disebabkan dosa-dosa mereka), yakni karena telah membunuh unta betina dan mendustakan Nabi Sholih a.s.. "Fa sawwaahaa" (lalu Dia Meratakannya), yakni Meratakan mrk dgn azab itu, baik yg besar maupun yg kecil.

۞ وَلَا يَخَافُ عُقْبَاهَا ۞

(91:15) "Wa laa yakhoofu 'uqbaahaa" (dan Dia tidak takut akan akibatnya), yakni tidak takut apabila ada yg menuntut balas. Menurut satu pendapat, kemudian mrk menyembelih unta betina itu dan tidak takut oleh akibat yg menyertainya.

---------------------------------------------------
Tafsir: PenerbitDiponegoro.com
Arabic: Mosquelife.com.
Arsip: http://tjandrakurniawan.blogspot.com
# Alhamdulillah

Tidak ada komentar: