Sabtu, Februari 02, 2013

Tafsir Al-Quran Surat An Nas 114:1-6 (of 6)

{Ta'awudz}
​​​​​ ۞ بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ ۞

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ۞
(114:1) Qul a'uudzu" (katakanlah, Aku berlindung), yakni katakanlah, hai Muhammad, aku mencari perlindungan. Pendapat lain, aku memohon perlindungan. "Bi Robbin naas" (kpd Robb manusia), yakni kpd Tuhan seluruh jin dan manusia.

مَلِكِ النَّاسِ ۞ إِلَٰهِ النَّاسِ ۞
(114:2) "Malikin naas" (Raja manusia), yakni Raja seluruh jin dan manusia. (114:3) "Ilaahin naas" (Tuhan manusia), yakni Pencipta seluruh jin dan manusia.

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ ۞
(114:4) "Min syarril waswaasi" (dari kejahatan si pembisik), yakni setan. "Al-khonnaas" (yg biasa bersembunyi).

الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ ۞
(114:5) "Alladzii" (yang) apabila Disebut Nama Allah, ia bersembunyi dan menutupi dirinya. Namun, apabila tidak Disebut Nama Allah... "Yuwaswisu fii shuduurin naas" (membisikkan ke dalam dada2 manusia), yakni ke dalam dada2 makhluk.

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ۞
(114:6) "Minal jinnati wan naas" (dari [kalangan] jin dan manusia), yakni ia membisikkan ke dalam dada jin sebagaimana ia membisikkannya ke dalam dada manusia.

Surah al-Falaq dan an-Naas diturunkan berhubungan dgn Labid bin al-A'sham, seorang Yahudi yg pernah menyihir Nabi saw.. Lalu Nabi saw. membacakan kedua surah ini untuk menghancurkan sihirnya. Alhasil, Allah Ta'ala pun Menghilangkan pengaruh sihir itu dari beliau

---------------------------------------
Tafsir: Ibn Abbas, Penerbit Diponegoro.
Arabic: www.mosquelife.com.
http://tjandrakurniawan.blogspot.com.
# Alhamdulillah

Tidak ada komentar: