Selasa, Februari 05, 2013

Tafsir Al-Quran Surat Al-Qodr (97):1-5 (of 5)

​​​​​ ۞ بِسْـــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْــمِ ۞

​​
۞ إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ ۞

(97:1) "Innaa anzalnaahu" (sesungguhnya Kami telah Menurunkannya [al-Quran]), yakni Kami telah Menurunkan Jibril dgn membawa al-Quran secara sekaligus kpd para malaikat pencatat di langit (bumi) yg terdekat. "Fii lailatil qodr" (pada malam kemuliaan), yakni pd malam keputusan dan ketentuan. Menurut yg lain, pd malam yg diberkahi dgn ampunan dan rahmat. Sesudah itu barulah diturunkan kpd Nabi saw. secara bertahap.

۞ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ۞

(97:2) "Wa maa adrooka" (dan tahukah kamu), hai Muhammad? Pertanyaan ini bertujuan untuk mengagungkan lailatul qodr. "Maa lailatul qodr" (apakah malam kemuliaan itu), yakni apakah keutamaan malam kemuliaan itu?

۞ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ ۞

(97:3) "Lailatul qodri khoirum min alfi syahr" (malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan), yakni amal pada malam kemuliaan itu lebih baik daripada amal seribu bulan, pada bulan2 yg tidak ada malam kemuliaan di dalamnya.

۞ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ ۞

(97:4) "Tanazzalul malaa-ikatu war ruuhu" (para malaikat dan ar-Ruuh turun), yakni Jibril turun bersama mereka. "Fiihaa" (pada malam itu), yakni pada awal malam kemuliaan itu. "Bi idzni robbihim" (dengan Izin Rabb mereka), yakni dgn Perintah Robb mereka. "Ming kulli amrin" (untuk mengatur segala urusan).

۞ سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ ۞

(97:5) "Salaamun" (keselamatanlah), yakni pada malam itu mereka mengucapkan salam kepada ahli shaum dan shalat di antara umat Muhammad saw.. Menurut satu pendapat, keselamatanlah pada malam itu dari segala mara bahaya. "Hiya" (pada malam itu), yakni keutamaan dan keberkahan malam itu. "Hattaa mathla'il fajr" (sampai terbit fajar), yakni subuh.

---------------------------------------------------
Tafsir: Ibn Abbas, Penerbit Diponegoro.
Arabic: www.mosquelife.com.
http://tjandrakurniawan.blogspot.com
# Alhamdulillah

Tidak ada komentar: